Pendidikan

Pendaftaran SNMPTN Dibuka Hari Ini, UGM Akan Terima 2 Ribu Lebih Calon Mahasiswa

Senin, 15 Februari 2021 - 18:21
Pendaftaran SNMPTN Dibuka Hari Ini, UGM Akan Terima 2 Ribu Lebih Calon Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (FOTO: Dokumen Humas UGM for TIMES Indonesia)

TIMES BALIKPAPAN, YOGYAKARTA – Periode pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dibuka mulai Senin (15/2/2021) hari ini, termasuk juga di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Siswa yang telah memiliki akun LTMPT dapat mulai melakukan pendaftaran melalui laman portal.ltmpt.ac.id.

Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan, Prof Dr Ir Djagal Wiseso Marseno, MAgr mengatakan tahun ini, UGM akan menerima lebih dari 2 ribu calon mahasiswa dari jalur SNMPTN.

Jumlah ini meliputi calon mahasiswa program sarjana dan sarjana terapan yang pada tahun ini telah dapat diikuti melalui SNMPTN.

"Untuk SNMPTN kita 25 persen dari total daya tampung UGM. Total keseluruhan dengan Sarjana Terapan kurang lebih untuk tahun ini ada dua ribuan," tutur Djagal melalui siaran pers Humas UGM kepada TIMES Indonesia, Senin (15/2/2021)

Pada SNMPTN tahun ini, setiap peserta dapat memilih satu program studi, atau dua program studi dengan catatan salah satu program studi berada pada perguruan tinggi sesuai daerah asal sekolah.

UGM menawarkan 90 program studi sarjana dan sarjana terapan pada Tahun Akademik 2021/2022 yang diselenggarakan oleh 18 Fakultas dan 1 Sekolah Vokasi. Informasi mengenai daya tampung untuk masing-masing prodi beserta persyaratan SMA/SMK tersedia di laman um.ugm.ac.id.

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Prof. Budi Widyobroto, mengatakan dalam sosialisasi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa setiap peserta harus mempertimbangkan baik-baik program studi yang akan dipilih.

Peserta yang telah dinyatakan lolos SNMPTN, tidak diperbolehkan untuk mengikuti UTBK, tes yang menjadi persyaratan SBMPTN dan juga seleksi mandiri di sejumlah perguruan tinggi.

"Kalau sudah diterima di SNMPTN tidak dapat mendaftar UTBK-SBMPTN, berarti tidak memiliki nilai UTBK. Padahal, beberapa perguruan tinggi mensyaratkan nilai UTBK sebagai salah satu kriteria," terangnya

Budi menyampaikan rangkaian kegiatan SNMPTN sendiri telah dimulai sejak 4 Januari lalu dengan peluncuran sistem PMB 2021 dan pembukaan secara resmi oleh Dirjen Dikti, Prof. Ir. Nizam, Ph.D.

LTMPT selaku lembaga yang memfasilitasi pelaksanaan tes masuk PT bagi calon mahasiswa baru memberi waktu bagi sekolah untuk registrasi akun LTMPT pada 4 Januari hingga 1 Februari. Sekolah juga bertanggung jawab menerapkan siswa yang eligible serta mengisi Pangkalan Data Siswa Sekolah.

Sementara itu siswa calon peserta SNMPTN juga diwajibkan telah melakukan registrasi akun LTMPT untuk dapat melakukan pendaftaran SNMPTN.

"Periode pendaftaran SNMPTNsendiri akan dibuka hingga 24 Februari mendatang, sementara pengumuman hasil akan dilakukan pada 22 Maret 2021," papar Budi Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT. (*)

Pewarta : A. Tulung
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Balikpapan just now

Welcome to TIMES Balikpapan

TIMES Balikpapan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.