Pendidikan

Lomba Bertutur DPK Bontang Digelar, 16 Peserta Unjuk Boleh pada Hari Pertama

Selasa, 06 April 2021 - 20:57
2.03k
Lomba Bertutur DPK Bontang Digelar, 16 Peserta Unjuk Boleh pada Hari Pertama Peserta sesi pagi berfoto dengan Kepala DPK Bontang dan Dewan Juri (FOTO: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Lomba bertutur tingkat Bontang bagi Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah resmi dibuka oleh kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan atau DPK Kota Bontang, Selasa (6/4/2021).

Kegiatan yang bakal digelar selama 2 hari itu dihadiri oleh Kepala Bidang Perpustakaan Usman. Kasi pembinaan dan budaya etnis DPK, Hildayanti. Jajaran Pejabat DPK dan Dewan Juri.

Kepala Dinas DPK Bontang, Retno Febriaryanti mengatakan lomba bertutur menjadi ajang seleksi bagi perwakilan Bontang pada tingkat provinsi Kaltim hingga ke tingkat nasional.

Retno-Febriaryanti.jpgKepala Dinas DPK Bontang, Retno Febriaryanti menyampaikan sambutan saat membuka Lomba Bertutur (FOTO: Kusnadi/TIMES Indonesia)

"Selanjutnya akan kita cari yang terbaik untuk mewakili kota Bontang di tingkat provinsi dan mudahan nantinya bisa di tingkat nasional," ucapnya.

Retno menjelaskan prestasi yang diraih peserta menjadi bagian kecil dari upaya pihaknya dalam mensosialisasikan gerakan literasi di Kota Bontang.

Pasalnya rendahnya minat baca pada anak diyakini dapat dilakukan dengan upaya dukungan pihak sekolah dan keluarga dalam membudayakannya.

"Dengan gerakan literasi ini bisa meningkatkan motivasi untuk berliterasi bagi anak, karena membaca tidak tumbuh dengan sendirinya." jelasnya.

DPK-Bontang-dan-Dewan-Juri-2.jpgTampak Peserta sesi siang berfoto dengan Kepala DPK Bontang dan Dewan Juri (FOTO: Kusnadi/TIMES Indonesia)

Lebih lanjut dikatakan banyak manfaat yang dapat diraih jika minat baca pada anak tumbuh berkembang sebagai budaya. Diantaranya dengan membaca dapat mengaktifkan kegiatan berpikir dan menganalisis. 

"Dengan membaca juga akan meningkatkan kemampuan berkonsentrasi serta berimajinasi anak anak kita," ujar Retno.

Usai dibuka, lomba yang diperuntukkan bagi kelas 4 dan 5 ini diawali dengan penampilan pemenang lomba tingkat Provinsi Kaltim, Tsaltsa Anin Nur Humaira. Kemudian pada lomba hari pertama ini sebanyak 16 Peserta yang dibagi menjadi dua sesi pagi dan siang unjuk gigi menjajal lomba dihadapan lima orang Juri.

Setiap peserta tampak antusias menampilkan pilihan dongeng dan hikayat yang sudah dipilihnya saat mendaftar. Rabu besok (7/4/2021) sebanyak 15 peserta akan tampil kembali dalam lomba bertutur garapan DPK Bontang tersebut. Kegiatan yang digelar di ruang baca santai tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan ketat. (*)

Pewarta : Kusnadi
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Balikpapan just now

Welcome to TIMES Balikpapan

TIMES Balikpapan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.